1 Okt 2011 By: Gede Astawan

Rahasia Panjang Umur

Setiap orang tentu menginginkan untuk menikmati kebahagiaan didalam hidupnya. Mulai dari yang anak-anak sampai orang tua ingin selalu terhindar dari segala macam penyakit. Dalam istilah singkatnya kita semua ingin sehat dan berumur panjang.

Dalam filosofi yang berlaku universal, bahwa umur panjang memberikan banyak keuntungan baig setiap manusia itu. Dia akan lebih banyak bisa berbuat untuk membantu sesama, lebih banyak waktu untuk membuat karma baik dalam kehidupannya sehingga karma-karma buruk yang masih tersisa yang membekali manusia sejak lahir akhirnya bisa dikurangi sedikit demi sedikit.

Mengapa harus mengurangi karma-karma buruk yang membekali kita? Sebab secara logis oleh hukum alam semesta bahwa segala penyakit dan berbagai bentuk penderitaan manusia adalah hasil dari perbuatan dari kehidupan sebelumnya. Tentu kita sering mendengar kalau Tuhan itu Maha Adil bukan. Nah, itulah sebabnya mengapa kita sering melihat ada orang kaya, orang miskin, ada orang yang terus berusaha tapi tidak kaya, dan ada orang yang malas tetapi kok sering beruntung dan bahkan bisa memiliki kekayaan. Lalu apa alasan Anda untuk tidak percaya kalau itu adalah hasil dari hukum karma. Kenapa juga ada orang kena sakit ini, kena sakit itu, dan sebagainya. Itu karena hukum alam selalu bekerja untuk memberikan reaksi atas aksi atau kelakuan mereka dimasa-masa terdahulu. Ingat hukum kekekalan aksi reaksi, ingat hukum kekekalan energi, bahwa selalu ada keseimbangan dan konsekuensi atas perlakukan para mahluk hidup.

Nah, untuk menghilangkan atau setidaknya membayar karma-karma buruk masa lalu adalah tiada lain dengan jalan melakukan lebih banyak karma-karma baik di kehidupan kita saat ini. Karena tentu kita tidak mungkin kembali ke kehidupan yang lalu. Dan juga kita tidak mungkin untuk melakukan kebaikan di kehidupan yang mendatang, sebab masa depan kita tentu tidak tahu akan ada dimana. Dan tentunya apa kita seberuntung sekarang memiliki pengetahuan untuk berkarma baik. Maka dari itu mari kita manfaatkan kesempatan ini, karena kita sangat beruntung sekali telah dianugerahi pengetahuan yang baik 0leh Tuhan untuk menyadari dan membedakan antara perbuatan baik dan perbuatan buruk.

Apa hubungan umur panjang dan kesehatan dengan karma baik dan karma buruk. Secara ringkas dapat dijelaskan bahwa dengan kesehatan yang baik dan umur yang panjang dalam kehidupan ini, kita akan lebih banyak dapat melakukan karma baik atau perbuatan baik untuk setidaknya mengurangi atau menghapus karma-karma buruk yang membekali kita akibat perbuatan-perbuatan buruk pada kehidupan-kehidupan kita yang terdahulu. Jadi umur panjang dan kesehatan itu sangat penting selain memang kita tentunya semua ingin sehat dan berumur panjang agar lebih dimudahkan dalam memperoleh kebahagiaan dan rejeki.

Untuk itu ada tips yang sangat sederhana untuk menjadi sehat dan berumur panjang yaitu murah senyum dan sapalah orang lain.

  1. Murah Senyum

  2. Artinya jadilah orang yang selalu bisa tersenyum kepada setiap orang kapanpun dimanapun Anda berada terkecuali dalam keadaan yang serius seperti upacara bendera dan rapat-rapat tentunya. Jika saja Anda sedang berjalan menuju tempat makan, tersenyumlah kepada setiap orang yang meskipun Anda belum kenal. Berbagilah keceriaan dan kasih sayang dengan memancarkan keriangan kepada orang lain, niscaya energi penuh tawa Anda akan menghidupkan orang lain yang sedang dilanda kesusahan atau kesedihan. Senyum memiliki sifat untuk menenangkan sesuatu. Senyum mampu menembus tembok yang bahkan sangat keras sekeras baja, dan setebal batu. Walaupun senyum Anda tidak terbalas sekalipun, maka orang yang Anda senyumi pasti berpikir untuk melakukan hal yang sama terhadap orang lain. Jadi setidaknya Anda telah membantu orang lain untuk berkarma baik juga.
    Menurut penelitian yang pernah dilakukan di Jepang, bahwa senyum setiap hari minimal itu akan mampu untuk menghasilkan suatu hormon yang berfungsi untuk menangkal kanker. Bayangkan saja kehebatan dari senyum Anda itu, yang selain bermanfaat untuk orang lain, tentunya sangat bermanfaat sekali untuk diri Anda sendiri. Bahkan jauh sebelum jaman modernisasi seperti sekarang ini, di India, oleh para praktisi Yoga yang sangat terkenal dan ahli dalam ilmu olah nafas dan kesehatan, telah memiliki suatu cabang yang disebut Yoga Ketawa. Dimana khusus untuk mengajak para murid-murid Yoga untuk tersenyum minimal sampai tertawa, sebagai terapi yang sangat ampuh untuk kesehatan jiwa dan raga. Bahkan sekarang ini telah banyak sekali berkembang kelas-kelas Yoga Tertawa diseluruh dunia. Kalau saja Anda mampu untuk tersenyum kepada siapa saja, lalu ada berapa latihan Yoga yang telah Anda praktekkan. Tentu banyak sekali bukan.
    Nah dengan mengetahui manfaat yang sangat luar biasa dari tersenyum itu, biasakanlah tersenyum sebagai bagian dari aktifitas Anda sekaligus kepribadian Anda yang ramah dan menyehatkan banyak orang.

  1. Sapalah Orang Lain

  2. Selain senyum diatas, ada lagi satu tips untuk hidup sehat yaitu biasakan untuk menyapa orang lain. Mungkin yang ini terlihat agak sulit bagi Anda, dikarenakan tidak terbiasa untuk menyapa orang lain. Tetapi dengan sedikit latihan Anda akan terbiasa. Menyapa orang dengan "Selamat Pagi", "Siang Pak!", "Sampai Jumpa", "Apa Kabar", "Bagaimana Kabar Bisnis Anda", atau, "Masih Mengajar Pak?", dan sebagainya saya rasa tidak sulit untuk dilontarkan sesekali pada rekan-rekan atau atasan Anda. Dan tentunya akan semakin baik jika sudah mampu dilakukan bahkan kepada kawan baru atau orang yang baru Anda kenal sekalipun. Jaman globalisasi adalah jaman informasi. Semakin banyak teman akan semakin terbuka lebar kesempatan dan peluang Anda untuk menjadi maju. Jadi, selain memberikan manfaat terhadap kesehatan Anda yang luar biasa, tentunya akan memberikan kesuksesan yang lebih kepada hidup Anda. Wah, rasanya luar biasa baik sekali bukan. Yuk kita segera belajar untuk menyapa orang, dan jika memang sudah terbiasa, terus lanjutkan dan tuluskan serta ikhlaskan segala pujian dan sapaan Anda terhadap orang lain.
    Pada intinya setiap manusia memiliki hati nurani yang luar biasa tajam, yang mampu mengetahui hal yang baik dan hal yang buruk. Yang mampu membaca setiap keadaan yang bahkan tidak bisa dibaca oleh mesih yang paling canggih sekalipun. Kecenderungan itulah yang mengharuskan Anda untuk memberikan sapaan dan pujian yang seikhlas-ikhlasnya, karena jika Anda hanya sedang berpura-pura, atau sapaan Anda diboncengi maksud-maksud tertentu, pasti itu akan mengurangi nilai positif dari sapaan Anda itu bahkan sampai meniadakan sama sekali manfaat dari salam Anda. Jadi, penekanan saya, hilangkan segala keinginan-keinginan lain Anda, hilangkan segala niat palsu Anda, hilangkan segala niat lain seperti untuk menambah relasi bisnis, untuk melebarkan saya perusahaan, dan sebagainya. Murnikan salam dan sapaan Anda itu hanya untuk mengakrabkan diri dengan orang lain. Murnikan sapaan Anda itu hanya untuk membaikkan orang, untuk membangun harga diri orang, untuk membantu orang lain, untuk menyelamatkan orang lain. Timbulkan niat yang jujur dan betul-betul tulus, niscaya baru Anda akan memperoleh manfaat dari tegur sapa yang ramah, salam yang sopan, dan sapaan yang akrab itu.
Memang, jika Anda belum terbiasa maka Anda harus membiasakan diri untuk berbuat yang demikian itu. Ingat saja bahwa dunia ini berputar atas segala kekuatan kebaikan. Dunia ini ada atas segala ketulusan. Dan tentunya Anda dan kita semua berjalan dan bernafas untuk ikut memutar dunia dengan segala kebaikan dan ketulusan yang kita miliki. Jadi kepribadian yang baik hendaknya kita tumbuhkan mulai dari sekarang untuk menyehatkan badan kita yang akan mengalir untuk menyehatkan jiwa kita, sehingga pada akhirnya kita akan memperoleh umur yang panjang untuk berkarma baik.

0 komentar:

Posting Komentar