1 Des 2013 By: Gede Astawan

Mengembalikan atau Men-downgrade BBM Versi 8 ke BBM Versi 7

Nah kali ini saya mau sharing cara cepat mengembalikan atau menurunkan BBM versi 8 ke versi 7. Dimana ini merupakan pengalaman saya sendiri, yang secara sengaja telah meng-upgrade versi BBM di Bold 9000 saya dari versi 7 ke versi 8 dan ternyata saya merasakan banyak sekali kekurangan dan keluhan pada BBM versi 8 diantaranya saya masih bingung cara meng-off-kan setingan update dari kontak lain, serta memang BBM ini cukup lambat alias lemot pada handset saya, maka dari itu saya pun searching di google dan menemukan cara cepat dan praktik mengembalikan BBM 8 ke BBM 7. Sebelum mulai saya menggunakan Bold 9000 OS 5. Dan jangan lupa sebelum mulai Anda backup / cadangkan dulu BBM Kontak via email atau via memory card. Mari kita mulai untuk mengubah BBM versi 8 ke versi 7.

Adapun langkahnya cukup mudah yaitu :

A. Hapus aplikasi BBM versi 8 di BB Anda dengan cara :
  1. Dari Blackberry Anda masuk ke menu Options - Applications
  2. Pada menu drop down di atas ada tulisan Third Party - klik dan pilih Add-on dan muncul banyak daftar aplikasi salah satunya ya BBM versi 8 itu.
  3. Hapus aplikasi Blackberry Messenger versi 8 itu.
  4. Nah langkah pertama telah selesai, sekarang BB Anda tidak berisi Blackberry Messenger.
B. Selanjutnya kita instal BBM Versi 7. Ini dapat dilakukan dengan tiga pilihan cara, yaitu :
  1. Cara pertama yakni Instal BBM dengan cara masuk ke menu Browser bawaan Blackberry (ingat jangan pakai opera mini) dan ketikkan alamat  www.blackberry.com/bbm. Dari sini silahkan pilih versi BBM yang Anda inginkan, biasanya harus dari versi terendah dulu dst. lalu instal seperti biasa. Blackberry Anda harus terhubung ke internet via wifi atau beli paket Browsing/Full sesuai operator.
  2. Cara kedua yakni dengan cara instal Via OTA (over the air) yakni file JAD saja kita download via komputer lalu copy ke memory hape dan dari hape browse file tersebut, lalu di klik/pilih dan BB akan download file pendukungnya sambil diinstal.  Blackberry Anda harus terhubung ke internet via wifi atau beli paket Browsing/Full sesuai operator.
  3. Cara ketiga ini cara yang cocok jika BB Anda tidak mendukung jaringan 3G alias hanya memakai jaringan EDGE atau GPRS atau memang tidak mendukung paket full servis. Tentunya Anda harus memakai komputer/laptop yang sudah konek ke internet. Nah diinternet kita download file BBM 7 itu lengkap dengan file JAD dan COD-nya. Ukurannya biasanya diatas 4 MB. Jika tidak punya silahkan browsing di google atau di bawah ini saya rekomendasikan beberapa link dowload gratisnya.

    http://www.nairaland.com/1534202/links-downgrade-bbm8-bbm7

    http://site-soft-downloads.blogspot.com/2013/05/blackberry-world-v43032.html

    Setelah selesai download filenya silahkan di ekstrak dan copy seluruh file JAD dan COD itu ke dalam suatu folder di Memory card hape. Dari hape BB Anda silahkan browse file JAD-nya lalu klik dan pilih setuju lalu instal seperti biasa.

    Langkah yang ketiga ini juga bisa dipakai untuk menginstal aplikasi-aplikasi yang lain seperti Blackberry App World, dsb. asalkan kita memiliki file lengkapnya yang berupa JAD dan COD yang ukuran biasanya diatas 1 MB.



Nah gampang bukan, sekian dulu info dari saya untuk teman-teman yang kecewa karena tidak cocoknya BBM versi 8 di BB Anda, dan memerlukan cara cepat mengembalikan BBM versi 8 ke BBM versi 7. Bila cara ini tidak berhasil, silahkan masuk ke alamat google.com di browser dan masukkan kata kunci 'Downgrade BBM 8 to BBM 7' dijamin Anda akan menemukan solusinya.

Salam sukses... !!!



1 komentar:

anggi mengatakan...

makasih atas saran nya boss
BBM saya udah kembali lagi ke versi 7

makasih

Posting Komentar