28 Sep 2011 By: Gede Astawan

Belajar Akord/Kunci C

Yuk kita belajar kunci C, kunci yang paling sering menjadi kunci dasar bagi musik-musik pop. Hampir setiap musisi pop pernah memakai kunci ini sebagai kunci dasar di salah satu lagu pada tiap albumnya. Kunci C itu sifatnya sangat romantis, bisa menghadirkan suasana sendu kalau dibikin lagu. Setara kekuatan kunci D juga.

Sebenarnya kunci C itu lebih tepatnya disebut akord C. Soalnya kalo sahabat-sahabat blogger sudah mendalami musik lebih jauh dari cuma mainin akord, nanti akan ada pelajaran tentang nada. Nah istilah 'kunci' itu akan kembali ke arti sebenarnya yaitu nada dasar suatu melodi lagu. Kalo kita masih ngobrol sama teman-teman itu khan masih bilang, "eh apa sich kunci lagu ini, eh apa sich kunci lagunya itu...?" dst. Padahal sebenarnya istilah yang paling tepat dipakai itu adalah 'akord' untuk menyebut bentuk-bentuk 3 nada atau lebih yang sering kita mainkan baik pada gitar itu. Bisa juga disebut 'kord'.

Nah untuk mendalami masalah nada dasar, akan saya bahas di posting selanjutnya sambil kita belajar sedikit bermain susunan nada-nada alias melodi. Sekarang ayo kita belajar akord C untuk melengkapi tiga akord yang sudah kita pelajari lebih awal, yaitu masih ingat kan, kord D, G, dan Em. Nah akord C juga sangat gampang dimainkan teman-teman. Boleh dilihat dulu sekilas bentuk akord C pada gambar dibawah ini :

Penjariannya adalah sebagai berikut :
  1. Ujung jari telunjuk menekan senar nomor 2 fret kesatu.

  2. Ujung jari tengah menekan senar nomor 4 fret kedua.

  3. Ujung jari manis menekan senar nomor 5 fret ketiga.

Jadi disini kita cuma memakai tiga jari untuk tiga titik yang harus ditekan. Mulailah menekan senar dari jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis terakhir. Jadi pada saat pertama berlatih mungkin untuk menekan senar secara bersamaan agak susah, jadi pelan-pelan sesuai urutan jari, sampai benar-benar hafal, maka jari akan otomatis berbarengan. Ingat prinsip practice make perfect. Gampang khan. Nah kalo dilihat dari atas, kord akan terlihat seperti gambar berikut ini :


Nah, agar lebih mudah mengidentifikasi senar yang mana saja yang ditekan, disini saya akan berikan gambar tabel kolom gitar dengan titik-titik hitam yang menyatakan senar mana saja yang ditekan. Tapi ingat, bagan gitar di bawah ini sesuai dengan posisi gitar pada gambar paling atas.


Nomor 1, 2, 3, 4, 5, dan 6, paling kanan menandakan nomor senar mulai dari bawah nomor paling kecil dan seterusnya keatas sampai nomor paling besar atau secara realnya adalah senar paling tebal. Nomor fret saya berikan diatasnya, dimana setelah fret 4 tentunya akan berlanjut ke fret 5 dan seterusnya sesuai panjang fret di gitas sahabat blogger.

Kira-kira sampai disini gampang bukan. Ya, teruslah berlatih dengan perlahan dahulu, karena kalau terburu-buru hasilnya pasti tidak akan bagus. Dasar yang kuat adalah dari pelan-pelan sesuai dengan kemampuan dulu. Selamat berlatih ok...

0 komentar:

Posting Komentar