10 Sep 2011 By: Gede Astawan

Belajar Kunci G

Pada pelajaran kali ini, Kursus Gitar, akan memberikan tuntunan untuk belajar kunci atau akord G. Akord G ini sering sekali digunakan dan memiliki kesan yang cerah serta mandiri. Mungkin pada awalnya akan terasa agak sulit, karena jarak penjarian antar senar cukup jauh, apalagi bila Anda memiliki tangan yang agak kecil. Namun dengan sedikit latihan saja, hal itu sangat mudah sekali diatas. Ayo berlatih !

Pertama-tama, mari kita belajar posisi penjariannya.
Nah, untuk yang baru belajar, usahakan menekan senar dan menaruh jari secara perlahan pada senar, sambil mencari posisi jari yang terasa nyaman dan enak.

Penjarian:
Adapun tipe penjarian untuk kunci G ada 2 sebenarnya, yang satu memakai kelingking, dan yang lagi satu tanpa kelingking. Kali ini saya akan berikan penjarian yang tanpa kelingking karena akan terasa lebih mudah dan kuat.

Yuk mulai saja !!!

(1) letakkan/tekan ujung jari tengah pada senar paling atas (senar 6) di fret ke-3
(2) letakkan ujung jari telunjuk pada senar nomor 5 fret ke-2
(2) letakkan ujung jari manis pada senar nomor 1 (paling bawah) fret ke-3

(4) senar yang lainnya, yaitu senar 2, 3, dan 4 jangan ditekan atau disentuh.

Lebih jelasnya, silahkan lihat pada gambar :

Ya, bisa khan ...

Lalu, petik atau gesek mulai dari senar paling atas kearah bawah. Ingat, bahwa bass untuk kunci G adalah senar nomor 6 fret ke-3 yang berbunyi G. Dan yang termasuk nada untuk kunci G adalah semua senar dari 1 sampai 6.

Kalau masih terasa ada bunyi senar yang tidak keluar, mungkin saja, sisi telapak jari telunjuk Anda mengenai senar nomor 2 dan 3, atau mungkin juga yang kena senar adalah jari tengah yang menyentuh senar nomor 5 dan 4. Usahakan menekan senar agak tinggi, seperti pada gambar berikut ini :


Ingat, berlatihlah secara perlahan terlebih dahulu untuk mencari posisi yang paling nyaman, lalu mulai tingkatkan kekuatan jari tangan Anda.

Sangat baik juga jika Anda mengubah dari kord G ke kord D, berganti-ganti. Mulai pelan-pelan sambil menghafalkan bentuk kunci G dan D.

Oke, sampai disini, saya rasa sudah bisa dipraktekkan sendiri bukan. Nah, selamat berlatih dan sampai ketemu pada posting berikutnya.

Salam Musik !!!

0 komentar:

Posting Komentar