24 Sep 2011 By: Gede Astawan

Belajar Akord Em (E Minor)

Apa kabar sahabat blogger semua...
Saya harap para sahabat dalam keadaan yang sehat dan baik baik saja. Kali ini saya akan lanjutkan mengenai pengenalan akord Em atau dibaca "E Minor". Mengenai asal kata e minor tidak saya jelaskan disini karena itu lebih bersifat ke teoritis daripada praktis. Adapun akord Em ini merupakan akord yang saya rasa paling mudah untuk dimainkan. Jadi kita langsung saja ya.

Akord Em sendiri memiliki nuansa yang dinamis, yang artinya memiliki kemampuan untuk bergerak ke akord lain meskipun tidak sekuat beberapa akord penyela.

Adapun penjarian yang dipakai disini adalah dua jari saja, yaitu jari tengah dan jari manis. Walaupun bisa memakai jari telunjuk dan jari tengah, tetapi posisi penjarian yang pertama akan memberikan beberapa keuntungan untuk pergantian dengan akord akord lain.

Teknik pejariannya adalah sebagai berikut :
  1. Letakkan jari manis pada senar keempat fret kedua

  2. letakkan jari tengah pada senar kelima fret kedua

Untuk lebih jelas bisa dilihat pada gambar berikut.



Dari gambar dapat dengan jelas bisa dilihat bahwa hanya dua dari saja yang dipakai untuk menekan kunci E minor (Em). Usahakan agar jari jari yang lainnya tidak menekan senar, terutama jari manis yang biasanya menyentuh senar kesatu atau senar yang paling tipis. Itu karena posisi penjarian yang masih perlu diatur dan disesuaikan agar mencapai posisi yang benar benar pas dan nyaman. Oke.

Mari kita lihat gambar kunci Em dari penampang lainnya:



Dari gambar bisa dilihat bahwa senar 1, 2, dan 3, tidak tersentuh oleh jari jari yang menekan senar sehingga mengeluarkan suara yang benar benar bersih. Jadi diusahakan juga sahabat blogger untuk sedemikian.

Adapun lagu lagu pop Indonesia yang memakai kunci dasar Em seperti Peterpan - Mimpi Yang Sempurna. Adapun kunci yang dipakai yaitu kunci Em - C - G - D. Nah, tinggal satu lagi pembahasan akord yang kita perlukan yakni kunci C agar kita bisa memainkan lagu pertama kita yaitu Mimpi Yang Sempurna, persis sempurna dengan cita cita sahabat blogger untuk mendalami alat musik gitar.

Selamat berlatih ya...

0 komentar:

Posting Komentar