9 Sep 2011 By: Gede Astawan

Budaya Hidup Sehat

Kesehatan adalah sesuatu yang sangat berharga bagi manusia bahkan semua mahluk, karena menentukan perjalanan kehidupan itu sendiri sehingga memperoleh langkah yang mudah untuk mencapai segala yang kita inginkan. Kesehatan bagaikan mutiara dalam diri manusia sebab merupakan suatu keharusan bagi manusia itu sendiri sehingga terhindar dari segala rasa yang akan menyakitkan manusia yang mana dapat membuatnya kehilangan semangat dan kemampuan dalam menjalani kehidupan.

Terlepas dari apakah penyakit itu merupakan bekal manusia sejak lahir ataupun akibat dari kelakuan manusia yang tidak mampu atau tidak mau menjaga kesehatan maupun faktor ketidaktahuan manusia dalam mengendalikan budaya kehidupan yang semakin instan dan mudah, sebenarnya terdapat usaha-usaha untuk meningkatkan nilai kesehatan dan daya tahan tubuh manusia dari penyakit.

PERBANYAK MINUM AIR PUTIH merupakan langkah awal menggapai kesehatan yang baik dan sangat dianjurkan oleh beberapa ahli dan dokter. Dimana air merupakan penyusun tubuh yang paling banyak dengan persentase 55 % sampai 78 % yang membantu dalam berbagai proses dalam tubuh seperti metabolisme, peredaran darah dan sari makanan serta menjaga kelembaban organ-organ tubuh agar berfungsi dengan baik. Air memiliki sifat untuk mencuci kotoran dan menjaga kebersihan individu dan merupakan unsur yang sangat penting di bumi.

VEGETARIAN merupakan budaya mengurangi makan daging sampai tidak sama sekali mengkonsumsinya. Daging pada sebagian orang merupakan faktor yang utama dalam proses makan guna memenuhi kebutuhan akan perut dan tubuh. Namun demikian masih banyak protein, lemak maupun vitamin serta mineral yang bisa diambil dari tumbuhan sebagai penggantinya. Selain itu mengkonsumi makanan yang berasal dari tumbuhan memiliki beberapa kelebihan seperti non-kolesterol, mengandung banyak serat, serta mampu mengurangi beberapa penyakit yang ditransfer melalui hewan. Jika Anda termasuk orang yang sering mengalami kesemutan terutama pada kaki setelah duduk agak lama, maka Anda termasuk orang yang harus waspada dengan pola makanan Anda. Sebaiknya mulailah belajar untuk mengurangi daging dan beralih kemenu tanpa daging atau nabati.

OLAHRAGA yang teratur memiliki efek pada terjaganya stamina dan kelenturan otot-otot tubuh. Yang meliputi otot kaki dan tangan yang termasuk anggota gerak, serta terutama otot jantung yang berfungsi menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Mengapa oksigen begitu penting bagi tubuh, dan apa hubungannya dengan olahraga. Karena oksigen menghidupi sel-sel untuk melakukan proses pengubahan zat makanan menjadi energi yang dapat menghasilkan gerak dan tenaga bagi tubuh. Jika kita berolahraga maka otot-otot akan terlatih bekerja secara optimal sehingga terjadi keseimbangan energi di dalam tubuh. Darah akan mengalir dengan cepat pada pembuluh pada saat kita berolahraga sehingga kotoran-kotoran akan cepat terangkut ke ginjal untuk disaring. Bayangkan saja saat Anda sedang membersihkan lantai yang kotor oleh tanah dengan menyemprotkan lebih banyak air dan aliran yang deras. Tentunya lantai itu akan lebih cepat bersih bukan.

0 komentar:

Posting Komentar