23 Mei 2022 By: Gede Astawan

Fungsi Sensor pada Mobil Injeksi

Beberapa sensor penting pada mobil injeksi dan fungsinya


1. IAT (INTAKE AIR TEMPERATUR) SENSOR

Yaitu Sensor Udara Masuk. Fungsinya untuk mengukur suhu udara yang masuk ke mesin melalui saringan udara. Data ini akan digunakan oleh ECU untuk menentukan banyaknya bahan bakar yang akan diinjeksikan ke ruang bakar.

Letaknya ada di box saringan udara.

 

2. TPS (THROTTLE POSITION SENSOR)

Yaitu sensor skep gas. Fungsinya untuk mengetahui derajat bukaan skep gas.  Data dari sensor ini digunakan oleh ECU untuk menentukan jumlah bahan bakar yang akan diinjeksikan ke ruang bakar. Semakin skep gas terbuka, semakin banyak udara masuk, maka tentunya semakin banyak juga bahan bakar yang harus diinjeksinya agar campurannya sesuai.

Letaknya di throttle body.

 

3.MAP (MANIFOLD ABSOLUTE PRESSURE) SENSOR

Yaitu sensor tekanan udara manifol. Fungsinya untuk menghitung kepadatan udara yang masuk ke mesin atau menghitung kevakuman udara di dalam intake manifold. Data dari sensor ini digunakan oleh ECU untuk menentukan jumlah bahan bakar yang akan diinjeksikan ke ruang bakar sesuai kebutuhan mesin.

Letaknya ada di belakang throtle body dekat dengan intake manifold.

 

4. CMP (CAMSHAFT POSITION) SENSOR

Yaitu sensor pendeteksi posisi noken as (camshaft). Fungsinya untuk mengetahui posisi poros noken dan dikirim ke ECU. Datanya digunakan oleh ECU untuk menentukan pengapian di busi melalui coil.

Letaknya di dekat poros nok atau camshaft.

 

5. CKP (CRANKSHAFT POSITION) SENSOR

Yaitu sensor pendeteksi posisi crankshaft/poros engkol. Fungsinya untuk mengetahui sudut dari crankshaft dan datanya akan dikirim ke ECU. Selanjutnya oleh ECU data ini digunakan untuk menentukan waktu penyemprotan bahan bakar, lama penyemprotan, dan waktu pengapian pada tiap-tiap coil.

Letaknya didekat puli crankshaft atau kruk as.

 

6. WTS (WATER TEMPERATURE SENSOR)

Yaitu sensor suhu air pendingin mesin. Fungsinya untuk mendeteksi suhu mesin (suhu air radiator) dan data dikirim ke ECU. Selanjutnya digunakan oleh ECU data ini digunakan untuk menghidupkan dan mematikan kipas radiator. Sensor WTS ini juga sering disebut ECT (ENGINE COOLANT TEMPERATURE).

Letaknya biasanya didekat thermostat atau pada jalur sistem pendingin mesin.


7. O2 SENSOR (OXIGEN SENSOR)

Yaitu sensor pendeteksi oksigen. Fungsinya untuk mendeteksi jumlah kandungan oksigen dalam gas buang. Data ini selanjutnya digunakan oleh ECU untuk menentukan bahwa suatu campuran itu kurus atau gemuk.

Letaknya biasanya di exhaust manifold atau di knalpot dekat dengan catalytic converter.


Ya demikian dulu pembahasan saya mengenai fungsi sensor mobil injeksi secara umum, dan juga letak sensor mobil injeksi. Untuk selanjutnya artikel ini akan terus dikembangkan untuk membantu sebagai bahan ajar pada sistem mobil injeksi. Salam Sukses...

0 komentar:

Posting Komentar