31 Des 2017 By: Gede Astawan

Membuat adapter tv tuner dari usb

Kali ini saya ingin membagi cara untuk membuat adapter atau membuat adaptor tv tuner khususnya tv tuner gadmei tetapi bisa juga diaplikasikan pada tv tuner merek lain. Dimana cara membuat adapter  tv tuner gadmei dari usb ini sangat sederhana. Adapter ini dibuat untuk mengganti adapter tv tuner gadmei yang rusak terbakar dengan carger atau charger hp usb. Jadi kita memerlukan komponen untuk mengganti adapter tv tuner yang rusak dengan carger usb.

Nah pertama kita lihat dulu kasusnya yaitu pengalaman saya sendiri, dimana adapter tv tuner saya rusak terbakar sehingga tidak bisa menyuplai power atau listrik ke tv tuner. Kalau beli adapter variabel ternyata tidak cocok dan tidak bisa nyala. Sehingga setelah mencari dan mempelajari dari berbagai sumber akhirnya saya mengerti bahwa adapter tv tuner gadmei yang rusak bisa diganti dengan carger handphone android dengan kekuatan sama yaitu 5 volt arus minimal 1 ampere (1000mA) dengan sedikit modifikasi.

Persiapan:
1. Carger hp 5V - 1A atau 5V - 2A
2. Bekas adapter yang rusak
3. Solder dan timah
4. Gunting dan cutter
5. Kabel data usb bekas atau baru

Pengerjaan:
Pertama kita potong adapter bekas dan kita buat adapternya, karena kita cuma memerlukan kabelnya dan colokan ke tv tuner saja (male jack).
Kedua kita kupas kabel data USB dengan yakin tanpa ragu dan hati-hati tentunya, dimana kita hanya memerlukan colokan usb yang besar nanti bisa dilihat gambar.
Nah yang ketiga kita memerlukan sedikit pengetahuan tentang slot positif negatif pada ujung usb sehingga dalam menyolder kita tidak salah. Nanti bisa dilihat pada gambar. Sebagai ringkasan, pada usb terdapat empat slot yang mana dua ditengah tidak terpakai karena itu untuk koneksi data.
Keempat jika sudah paham maka tinggal kupas ujung kabel bekas adapter yang rusak keduanya, dan kabel positif adalah yang ada tulisannya dan negatif adalah yang ada garis putih putus-putus atau strip putih. Kalah belum yakin boleh cek dengan multitester.
Kelima solder ujung kabel yang sudah dikupas yaitu kabel + dan kabel - pada usb yang sudah dikupas.

Selesai...

Sekarang tinggal colok usb pada carger handphone dan jadilah adapter tv tuner gadmei dari kabel data usb dan carger hp dengan sedikit modifikasi.

1 komentar:

oky mengatakan...

Apa engga terlalu besar ampere nya... charger rata rata 1-2 ampere.. sedangkan tv tunner hanya butuh 600ma

Posting Komentar