13 Okt 2022 By: Gede Astawan

Cara Mengetahui Hot Output Pickup Ibanez Quantum

 TUTORIAL MENENTUKAN HOT OUTPUT DAN GROUND DARI PICKUP HUMBUCKER IBANEZ QUANTUM

Berikut adalah bagaimana cara mengetahui output pickup humbucker Ibanez Quantum yang memiliki tiga kabel, yaitu kabel warna hitam, kabel warna putih, dan kabel warna merah. Pickup Ibanez Quantum ini memang umumnya memiliki 3 (tiga) kabel, dimana tentunya berbeda dengan pickup humbucker pada umumnya yang biasanya memiliki 4 (empat) kabel yaitu hitam, putih, merah, dan hijau. Setelah saya mengecek berbagai tutorial di youtube dan google, akhirnya saya menemukan mana yang merupakan kabel hot output dari pickup Quantum Ibanez yang menghasilkan hambatan atau tahanan paling besar. Mari kita lihat cara menentukan hot output pickup Ibanez Quantum pada gambar di bawah ini.

Penjelasan: Jadi yang merupakan Hot Output Pickup Ibanez Quantum adalah kabel warna putih dan groundnya warna hitam. Jika kita ukur hambatannya (resistansinya) dengan multimeter akan menghasilkan angka sekitar 7.000 Ohm. Dalam hal ini kabel warna merah dibiarkan saja tidak usah dipakai. Bisa diisolasi saja saat pemasangan.

Mengapa begitu? Karena setelah saya melakukan pengukuran dengan berbagai kombinasi kabel dan beberapa percobaan, saya menemukan bermacam-macam nilai hambatan. Diantaranya 3000 Ohm, 7000 Ohm, bahkan ada yang 1000 Ohm. Cukup kecil bukan. Untuk lebih jelas mari kita lihat gambar dibawah ini.
Penjelasan: Nah lihatlah tabel diatas. Saat hitam saya jadikan ground dan putih jadikan output, maka nilai hambatannya mencapai terbesar yaitu 7000 Ohm. Dan setelah saya googling lagi, ternyata output resistansi maksimal pickup jenis Quantum Ibanez memanglah cuma 7000 Ohm. Berbeda dengan Seymour Duncan yang bisa menghasilkan output resistansi sebesar 16.000 Ohm atau lebih.

Nilai yang saya kotakkan, adalah saat kabel tertentu saya gabung. Misal P & H + M artinya kabel warna Putih dan Hitam saya gabungkan sebagai ground, lalu outputnya adalah kabel Merah. Ternyata ini menghasilkan nilai resistansi terkecil yaitu 1000 Ohm. Untuk multitester yang saya gunakan adalah multitester analog dengan selektor terpilih adalah X1K.

Berikut saya sajikan penampakan pickup Ibanez Quantum, dan kode di balik pickup. Setelah saya cek dengan kompas, maka ternyata kutub utara pickup adalah bagian atas tulisan tetap menghadap atas atau tegak. Jadi saat dipasang di gitar, maka saat gitar diberdirikan, tulisan tetap tegak (tidak terbalik), dan bagian atasnya itulah kutub utara pickup. Barangkali ada sahabat-sahabat yang membutuhkan data kutub utara dan selatan pickup saat akan merangkai dua pickup humbucker bridge dan neck pickup.




Ya demikianlah pembahasan saya tentang cara menentukan kabel output pickup Ibanez Quantum, serta tutorial cara menentukan ground dan hot output pada pickup humbucker Quantum Ibanez yang memiliki tiga kabel wire yaitu kabel hitam, kabel merah, dan kabel putih. Untuk penyolderan pickup Quantum Ibanez, maka kabel hitam disambungkan ke ground atau massa, dan kabel putih disambungkan ke output atau ke pickup selektor dalam hal ini dijadikan hot output. Mudah-mudah tutorial menentukan hot output kabel pickup Quantum Ibanez Humbucker ini bermanfaat dan silakan tulis di kolom komentar jika ada pertanyaan atau saran. Salam rocker.

0 komentar:

Posting Komentar