27 Agt 2011 By: Gede Astawan

Mengenal bagian - bagian gitar klasik

Gitar klasik merupakan gitar dengan senar nilon dan cenderung memiliki body gitar yang lebih besar dari gitar pada umumnya, meskipun ada tipe gitar klasik sekarang yang memiliki model lebih kecil dari pendahulunya.

Kemungkinan gitar ini berasal dari daerah latin di Eropa sekitar Spanyol. Namun beberapa sejarah mengatakan kalau alat musik ini sebenarnya berasal dari India, yakni Sitar, dan kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh bangsa Spanyol sehingga menjadi seperti sekarang ini.

Untuk memulai belajar gitar, ada baiknya dulu kita belajar mengenal bagian-bagian gitar itu sendiri secara garis besarnya oke.

Gitar klasik memiliki beberapa bagian penting seperti terlihat pada gambar, yaitu :
1. kepala gitar, dimana disini terdapat kunci penyetelan senar sekaligus tempat untuk mengikat senar.
2. leher gitar atau neck dimana terdapat fret, dan grip (besi pendek-pendek yang terpasang tegak lurus leher)
3. body gitar dimana terdapat lubang resonansi atau lubang suara, body bridge untuk mengaitkan senar pada body, sekaligus yang menentukan tinggi rendahnya senar.
4. dan tentu saja yang terpenting adalah senar gitar itu sendiri, yang khusus untuk gitar klasik biasanya terbuat dari nilon.

Adapun untuk penamaan senar gitar itu sendiri, mulai dari yang paling bawah yang merupakan senar paling tipis atau kecil diberi nomor 1, selanjutnya nomor 2, sampai senar paling atas yaitu senar yang paling tebal diberi nama senar nomor 6. Ya, darimana itu, karena memang merupakan standar penamaan senar. :)

Selanjutnya mari kita pelajari lagi lebih detail untuk penamaan senar sesuai dengan tebal tipisnya senar. Silahkan perhatikan pada gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.


Kalo sudah mengerti nama-nama senar sesuai urutannya. Selanjutnya kita bahas lebih detail lagi untuk bagian-bagian gitar pada kepala gitar atau head stock. Silahkan lihat gambar dibawah ini ya.




Nah, kira-kira sekian dulu untuk pembahasan kali ini mengenai bagian-bagian dasar gitar khususnya gitar klasik, sebab garis besarnya hampir sama dengan gitar elektrik. Dan kalo ada pertanyaan, silahkan tulis di komen yaa.

Keep enjoy the music way...

0 komentar:

Posting Komentar