12 Agu 2018 By: Gede Astawan

Membuat adaptor efek gitar dari baterai 9 volt

Halo sobat blogger, kali ini saya mau berbagi tentang pengalaman saya membuat adaptor efek gitar dari baterai 9 volt atau membuat baterai 9 volt menjadi adaptor efek gitar, dimana nantinya sobat gitaris tidak perlu lagi membuka cover efek gitar untuk memasang baterai, cukup dicolok dari luar, jadi lebih praktis. Karena kita tahu beberapa efek perlu membuka baut-baut untuk itu, serta beberapa lagi tidak ada tempat memasang baterai, pun kalau memakai adaptor dari listrik pln menurut saya kurang praktis dan akan lebih sedikit noise kalau power supply untuk efek gitar ini kita pakai baterai saja. Nah kita mulai saja pembahasan singkat saya mengenai pembuatan colokan jack adaptor dari baterai 9 volt.

A. Langkah 1 : Persiapan Bahan
Jadi disini sobat perlu menyiapkan beberapa peralatan seperti, timah solder, solder, kabel listrik kecil / wire, male jack adaptor (beli di toko elektronik) yang langsung ada colokan baterai 9 volt nya, dan lebih kurangnya silahkan lihat gambar.

image source : www.makerlab-electronics.com

Nah ini adalah bahan utama kita yakni konektor baterai 9 volt. Kalau tidak bisa beli bisa gunakan baterai 9 volt bekas sobat itu di bongkar diambil bagian konektornya saja.

Male jack konektor DC

Ini bahan yang penting kedua, sebuah konektor male untuk sobat colok ke efeknya. Ini beli juga di toko elektronik kira-kira 5000 rupiah. Atau boleh pakai yang bekas juga dari bekas colokan adaptor.

B. Langkah 2 : Pengetahuan Tentang Polaritas
Untuk langkah dua ini sobat boleh browsing lagi jika kurang paham tentang polaritas adaptor. Saya akan coba jelaskan sedikit. Polaritas adaptor itu menunjukkan kutub positif dan kutub negatif pada bagian ujung jack. Nah kalau kita lihat gambar male jack itu ada dua bagian penghubung arusnya yaitu dua lempengan besi, yaitu bagian luar, dan bagian dalam. Nah polaritas ini menentukan mana yang positif (bisa luar bisa dalam) dan mana negatif (bisa luar bisa dalam juga). Polaritas ini penting karena setiap efek beda polaritasnya. Dan polaritas efek bisa dilihat pada gambar berikut. Kebetulan saya menggunakan efek boss DS-1:



Coba sobat lihat gambar polaritas efek boss saya, itu ada gambar disebelah kanan colokan efek, dibawah tulisan adaptor only. Disana efek saya membutuhkan polaritas center negatif. Artinya bagian tengahnya harus negatif, sementara bagian luar positif. Ini penting pada saat penyolderan dilakukan.

Jenis-jenis polaritas adaptor jack

Nah sobat bisa lihat itu contoh jenis polaritas pada ujung male jack alias colokan adaptor.

Contoh male jack dengan polaritas positif-center

Nah ini contoh yang center-positif. Jadi bagian tengah itu kutub positif, dan bagian pinggir atau logam yang lebih banyak itu negatif. Kalau efek saya kebalikannya dari gambar ini.


C. Langkah 3 : Proses Penyolderan
Jika sobat sudah paham, kebetulan saya lama pahamnnya karena kurangnya video di youtube, dan setelah beberapa hari browsing barulah saya paham gitu, maka sobat bisa mulai proses penyolderan. Nah saya solder kabel hitam ke bagian tengah (center) karena polaritas efek saya perlu center-negatif. Dan saya isolasi dulu sedikit biar lebih aman, takut terjadi short (kontak pendek). Kira-kira sobat sudah paham langkah ini, dan silahkan disolder dengan rapi dan sabar sebab kadang timah itu licin susah nempel, soalnya saya gak pakai minyak-minyak perekat gitu. Silahkan lihat gambar hasil penyolderan saya dibawah ini:


Nah sobat bisa lihat kabel hitam saya sambung ke tengah (center) karena efek boss saya perlu polaritas center negatif. Kalau efek atau alat sobat perlu center positif ya dibalik saja solderannya, yaitu merah/positif di tengah dan hitam/negatif di luar.


Sudah jadi, yuhuwww asikkkkk !!!


Oh ya, sobat jangan lupa di-test apakah semua rangkaian sudah nyambung dengan baik. Dengan cara tempelkan ujung-ujung multimeter sesuai kebutuhan. Kalau saya center negatif maka multimeter saya set ke x10 OHM dan ujung merah/probe positif tempelkan di lubang tengah jack konektor, dan ujung hitam/probe negatif ke colokan baterai lubang kecil (lonjong). Jika tersambung maka jarum bergerak ke arah nol OHM (mendekati nol). Lihat gambar berikut ini:


D. Langkah 4 - Pemasangan Baterai dan Pengecekan Kembali.
Ini nih sobat gambar yang sudah jadi dan dipasang baterai. Jangan lupa cek kembali hasilnya sebelum dicolok ke efek, supaya efek gitar sobat tidak rusak karena salah polaritas. Ingat kalau belum paham polaritas silahkan sobat perdalam dulu ilmu polaritasnya di internet dengan browsing. Hehe..

Adaptor efek gitar dari baterai made in sendiri...

Berikut saya tambahkan gambar kalau sobat sudah pasang baterainya, yaitu gambar untuk pengecekan polaritas adaptor efek gitarnya, baik yang dari baterai maupun adaptor DC 9 volt yang agan sudah beli/miliki. Jadi ingat multimeter agan set menjadi DC 10 Volt atau DC 50 Volt atau intinya lebih dari 9 Volt.

Pengecekan Polaritas Center-Negatif
Nah, bacalah multitester, jika jarum bergerak ke kanan dan menunjuk angka 9 Volt atau lebih sedikit, berarti polaritas adaptor kita sudah sesuai untuk jenis center-negatif. Jika jarum malah bergerak ke kiri, nah ini berarti polaritas terbalik yaitu center-positif. Perhatikan seksama pada probe merah dan probe hitam dari multimeter saya.

=== SELESAI ===

Demikian tips singkat dari saya tentang membuat konektor efek dari baterai 9 volt, membuat konektor baterai 9 volt, membuat adaptor efek gitar dari baterai 9 volt, membuat adator 9 volt untuk efek gitar, membuat adaptor dari baterai 9 volt. Semoga bermanfaat, kalau ada saran dan kritik, silahkan beri komentar. Semoga bermanfaat.












0 komentar:

Posting Komentar