13 Jul 2013 By: Gede Astawan

Downgrade Blackberry OS 6 ke OS 5

Kali ini saya ini berbagi sedikit pengalaman saya dalam menggunakan handset/telpon Blackberry khususnya Bold 9700 (Onyx 1). Saya beli BOLD 9700 saya dalam keadaan sudah update ke Blackberry OS 6, tapi saya kurang suka dengan menu dan tampilan OS 6, serta saya ingin mengembalikan keaslian dan kecepatan Blackberry saya ke OS 5 yang lebih cepat dalam akses dan buka aplikasi, istilahnya adalah downgrade blackberry OS 6 ke OS 5 untuk semua tipe Blackberry rasanya bisa diterapkan. Untuk itu saya kemudian mencoba browsing di google untuk mendapatkan cara terbaik mengembalikan OS versi 6 Blackberry Bold 9700 ke OS versi 5, dimana saya menemukan beberapa cara dari berbagai sumber untuk Downgrade OS 5 ke OS 6. Setelah saya ikuti salah satu cara itu, saya pun akhirnya menemukan cara tersingkat dan terbaik untuk mendowngrade OS 6 ke OS 5 Blackberry OS tipe Bold 9700 dan all tipe Blackberry bisa diterapkan. Dan berikut adalah langkah-langkah downgrade OS 6 ke OS 5 Blackberry all tipe :

A. Persyaratan utama:
  1. Pastikan Anda sudah install Blackberry Desktop Manager, dan BBSAK.
B. Ada dua langkah untuk Downgrade maupun Upgrade OS Blackberry:
  1. Cara manual yakni Anda harus mendownload OS Blackberry sesuai tipe yang Anda inginkan, dalam hal ini saya pilih OS 5 terbaru.
  2. Cara otomatis yakni Anda tinggal instal melalui Blackberry Desktop Manager yang terbaru, silahkan download di situs resmi Blackberry.
C. Penjelasan secara rinci langkah per langkah setiap cara :

1. Untuk langkah manual dapat dibaca link dibawah ini:

http://www.berryindo.com/forum/topic/share-bagi-yg-masi-bingung-cara-upgrade-os#.UeCb_azjaY9

2. Untuk langkah otomatis dapat dibaca di link dibawah ini :

http://davidachmadiana.blogspot.com/2012/07/cara-mudah-upgrade-atau-downgrade-os.html

Silahkan copy link diatas pada alamat web lalu enter, bisa juga di copy lalu paste di google !!!

Yang paling penting dalam proses tersebut adalah, BARANGKALI Anda akan mendapati PERMASALAHAN seperti saya, yakni tidak bisa upgrade secara manual setelah saya wipe dengan BBSAK, dan solusinya adalah saya harus menjalankan upgrade dengan beralih atau berpindah ke cara secara OTOMATIS yakni lewat Blackberry Desktop Manager untuk menginstall OS Blackberry, namun yang diinstal adalah aplikasi Dasarnya saja. Jadi jika Anda juga mendapati masalah yang sama, silahkan jalankan Blackberry Desktop Manager terbaru lalu otomatis dia akan mendeteksi kekurangan OS pada Blackberry Anda, dan tinggal pilih PERBARUI, dan tunggu kira-kira 20 menit tergantung koneksi internet, dan akan muncul kembali menu pilihan yaitu memilih OS 5 atau OS 6. Dari sini, karena saya sudah memiliki OS 5 yang sudah pernah saya download di situs Blackberry dan sudah saya instal di PC maka saya abaikan dan saya kembali lagi ke cara MANUAL dengan cara mencari C:/Program files/Common Files/Research In Motion/AppLoader lalu saya pilih loader.exe dan saya ikuti langkah-langkahnya secara manual, dan sukses...............

Nah demikian cara singkat mengupgrade ataupun mendowngrade OS Blackberry dimana saya menemukan kendala di tengah jalan. Jadi kesimpulannya adalah : adapun langkah yang saya tempuh untuk downgrade OS 6 ke OS 5 Blackberry Bold 9700 yaitu cara manual - cara otomatis - cara manual. Jika memiliki kendala yang sama atau yang lain, silahkan hubungi saya di 081999773381

Salam Sukses....


3 komentar:

Unknown mengatakan...

thx tipsnya....

Sandi riswandi mengatakan...

Thank gan

Anonim mengatakan...

Manteb nih perlu dicoba..

Posting Komentar