17 Mar 2012 By: Gede Astawan

Cara Cepat Mengkopi Dokumen dari Internet

Seringkali kita berselancar di dunia maya alias browsing untuk berbagai keperluan. Salah satunya adalah mencari berbagai dokumen atau bacaan yang berhubungan dengan topik yang kita gemari atau yang berhubungan dengan tugas tertentu, misalnya dari sekolah atau kampus. Adapun dokumen-dokumen itu akan memudahkan kita karena kita tidak perlu mengetik banyak-banyak. Atau barangkali Anda hanya sekadar ingin mengoleksi bacaan tertentu agar nantinya bisa sesekali Anda print untuk berbagai keperluan.

Dalam upaya menyalin dokumen internet ke dalam Microsoft Word pada komputer agar bisa kita simpan (save) di hardisk komputer, seringkali kita menemui kendala, yaitu pada saat kita mem-paste dokumen itu ke Microsoft Word waktunya sangat lama, bahkan sering terjadi macet ditengah proses berlangsung. Termasuk juga kita kadang bingung, antara sedang proses mem-paste atau macet.

Nah, untuk mempercepat proses penyalinan ini, saya akan memberikan tips yang singkat dan mudah untuk digunakan agar kita dapat menghemat waktu seefisien mungkin. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Setelah Anda membuka halaman web atau situs yang berisi bacaan yang Anda cari, bloklah semua paragraf yang ingin Anda kopi dan seperti biasa klik kanan pada daerah blok atau yang dilabur itu, pilih copy.


  2. Bukalah sebuah notepad dari menu start, kemudian paste dokumen/bacaan itu di notepad tersebut. Maka semua tulisan akan tersalin pada notepad.



  3. Selanjutnya pilih select all (ctrl + A) pada notepad dan selanjutnya pilih cut (ctrl + X).


  4. Buka Microsoft Word dan paste-lah disana dengan menu klik kanan atau shorcut (ctrl + V). Maka semua tulisan akan tersalin di Microsoft Word.


  5. Selanjutnya untuk mengkopi gambar-gambar dari bacaan internet, tinggal kembali pada halaman situs bacaan, lalu klik kanan pada gambar yang ingin Anda kopi, pilih menu "copy image", dan langsung saja paste di Microsoft Word diantara tulisan yang baru saja Anda salin itu.


  6. Kopi gambar satu persatu sesuai dengan urutannya atau bebas sekehendak Anda.

  7. Simpan dokumen Microsoft Word Anda.


  8. Selesai.


Gampang bukan !?

Selain menghemat waktu, langkah seperti ini mampu memperbaiki beberapa kerusakan dokumen hasil salinan pada Microsoft Word. Selain itu, Anda akan lebih mudah berkreasi dengan dokumen itu.

Tentunya dokumen yang bisa Anda kopi adalah yang mendukung fasilitas klik kanan, karena ada beberapa dokumen atau halaman internet yang meniadakan fasilitas itu. Khusus dokumen ini contohnya bisa Anda kopi karena saya memang menyediakan ilmu untuk disebarluaskan secara gratis. :-)

Selamat mencoba.


0 komentar:

Poskan Komentar