Berikut contoh RPP satu lembar mata pelajaran produktif TDO Jurusan TKR (Teknik Kendaraan Ringan). RPP ini bisa juga dipakai mata pelajaran lainnya dengan mengganti KI KD dan informasi lainnya. RPP ini bisa didownload dengan gratis karena tidak diperjual-belikan namun dibagikan agar dapat memperkaya khasanah ilmu pengetahuan para guru SMK khususnya dan guru sekolah pada umumnnya. Silakan mendownload contoh RPP satu lembar SMK SMA SMP ini sebagai acuan pengajaran selama masa pandemi.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMK Negeri ......................
Mata Pelajaran : TDO
Kelas/Semester :
X TKRO/GENAP
Materi Pokok : Pembentukan Logam
Alokasi Waktu : 3 Jam pelajaran @30 menit (Pertemuan
ke-1)
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti
proses pembelajaran, peserta didik dapat:
1. 1. Memahami
proses dasar pembentukan logam
2. 2. Melaksanakan
proses dasar pembentukan logam
B. Media
dan Sumber Belajar
Media :
Google Classroom, Whatsapp, Youtube
Sumber belajar : Modul belajar
TDO kelas X
Semester Genap, BSE
TDO Kemdikbud 2013, Internet/google
C. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan |
Guru mengucapkan salam, mengecek
kehadiran peserta didik lewat menu absensi, memberi motivasi, menyampaikan
tujuan dan manfaat pembelajaran proses dasar pembentukan
logam, cakupan
materi, serta langkah pembelajaran dan teknik penilaian. |
Kegiatan Inti |
1. Peserta didik diberi motivasi
dan panduan untuk membaca dan menuliskan kembali materi yang disajikan pada
Google Classroom. Mereka diberi tayangan dalam bentuk power point dan bentuk
pdf modul, terkait materi proses dasar pembentukan logam melalui
Google classroom. |
2. Guru memberikan kesempatan
untuk mengidentifikasi beberapa hal yang belum dipahami pada materi proses
dasar pembentukan logam,
dengan memberikan pertanyaan berkaitan fakta sampai dengan pertanyaan yang
bersifat membimbing. |
3. Peserta didik berperan aktif di
Google classroom, baik bertanya ataupun menanggapi pertanyaan dari guru
maupun dari peserta didik lainnya dalam forum diskusi/chat forum. |
4. Selama kegiatan berlangsung, guru
melakukan penilaian sikap disiplin, teliti, aktif, jujur, dan tanggung jawab. |
Kegiatan Penutup |
1.
Guru
membimbing peserta didik untuk menyimpulkan materi yang sudah dibahas
sebelumnya pada Google classroom. |
2. Peserta didik membuat rangkuman
terkait materi pembelajaran yang sudah dilaksanakan pada buku catatan
masing-masing. |
3. Guru memberikan penguatan
terhadap materi yang sudah dipelajari dengan memberikan penugasan rangkuman
materi yang hasilnya dikirim lewat whatsapp dan Google Classroom. Serta guru
menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya diakhiri salam penutup. |
D. Penilaian
Hasil Pembelajaran
1)
Penilaian Sikap : observasi
selama kegiatan berlangsung
2) Penilaian Pengetahuan : tes tulis (pilihan ganda
atau uraian), diskusi dan tanya
jawab, serta penugasan
3)
Penilaian Keterampilan : penilaian portofolio
Mengesahkan, Kepala SMKN .............. ......................................... NIP. |
Abang, 13 Juli 2020 Guru Mapel TDO ........................................ NIP. |