Berikut adalah contoh soal
pemeliharaan atau servis chasis beserta kunci jawabannya, meliputi: sistem rem,
sistem kemudi, dan sistem suspensi.
1. Jelaskan cara pengujian sesudah pemasangan pad rem!
2. Sebutkan
fungsi rem tangan!
3. Jelaskan
secara singkat prosedur membliding udara!
4. Sebutkan
4 sifat minyak rem DOT 3 dan DOT 4!
5. Jelaskan
fungsi adjuster pada rem tromol !
6. Apa
yang harus anda lakukan bila piston master silinder tergores, aus, karat atau
rusak?
7. Berapa
celah yang diijinkan antara piston dan silinder master rem?
8. Jelaskan
prinsip kerja sistem kemudi!
9. Sebutkan
empat komponen pada sistem kemudi!
10. Sebutkan
bagian-bagian utama dari sistem suspensi dan jelaskan fungsi masing-masing!
Kunci Jawaban:
1. Menekan pedal sekali dan melepasnya, dan seharusnya roda akan dapat diputar mudah dan lancar
2. Untuk menghentikan kendaraan saat parkir atau berhenti pada tanjakan
3. 1) angkat kendaraan
2) tambahkan minyak rem pada reservoir sampai di bawah garis max
3) buka tutup sumbat pembuang udara yang paling jauh dari master silinder
4) masukkan selang plastik pada ujung sumbat, dan ujung selang yang lain masukkan pada sebuah wadah penampung oli
5) pedal ditekan beberapa kali, lalu beri aba-aba pada teknisi saat pedal ditekan/ditahan
6) teknisi membuka (memutar baut) sumbat pembuang udara, kemudian mengeraskan kembali saat pemompa pedal memberi aba kalau pedal sudah mencapai titik terendah
7) ulangi prosedur diatas sampai udara palsu bersih
8) ulangi pada setiap sumbat, dari yg terjauh sampai yang terdekat dengan master silinder
4 • Beracun
• Korosif
• Absorsif terhadap air
• Merusak cat
5. Untuk menyetel celah kampas rem dengan tromol
6. Bila berkarat dan tergores maka dapat dibersihkan dengan kertas gosok khusus (bukan kertas gosok halus). Bila tidak memungkinkan, maka ganti piston sesuai dengan spesifikasi. Demikian juga bila piston mengalami aus atau rusak
7. 0,08 - 0,12 mm
8. Bila steering wheel diputar, maka steering column akan meneruskan tenaga putarnya ke steering gear. Steering gear akan memperbesar tenaga putar ini sehingga menghasilkan momen puntir yang lebih besar untuk diteruskan ke steering linkage. Steering linkage akan meneruskan gerakan steering wheel ke roda-roda depan, sehingga roda depan bisa membelok.
9 • steering wheel (roda kemudi)
• steering column (poros kemudi)
• steering gear (gigi kemudi)
• steering linkage
10 a. Pegas / spring
fungsinya untuk menyerap kejutan dari permukaan jalan dan getaran roda-roda agar tidak ke bodi
b. Shock absorber
fungsinya untuk meredam oskilasi (gerakan naik turun) pegas saat menerima kejutan dari permukaan jalan
0 komentar:
Posting Komentar