29 Jul 2021 2 komentar By: Gede Astawan

Contoh RPP SMK Otomotif Satu Lembar Mapel TDO

Berikut contoh RPP satu lembar mata pelajaran produktif TDO Jurusan TKR (Teknik Kendaraan Ringan). RPP ini bisa juga dipakai mata pelajaran lainnya dengan mengganti KI KD dan informasi lainnya. RPP ini bisa didownload dengan gratis karena tidak diperjual-belikan namun dibagikan agar dapat memperkaya khasanah ilmu pengetahuan para guru SMK khususnya dan guru sekolah pada umumnnya. Silakan mendownload contoh RPP satu lembar SMK SMA SMP ini sebagai acuan pengajaran selama masa pandemi.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

(RPP)

 

Sekolah                        : SMK Negeri ......................

Mata Pelajaran             : TDO

Kelas/Semester            : X TKRO/GENAP

Materi Pokok               : Pembentukan Logam

Alokasi Waktu             : 3 Jam pelajaran @30 menit (Pertemuan ke-1)

 

A.     Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik dapat:

1.      1. Memahami proses dasar pembentukan logam

2.      2. Melaksanakan proses dasar pembentukan logam

 

B.     Media dan Sumber Belajar

Media                 : Google Classroom, Whatsapp, Youtube

Sumber belajar    : Modul belajar TDO kelas X Semester Genap, BSE TDO Kemdikbud 2013, Internet/google

 

C.     Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan

Guru mengucapkan salam, mengecek kehadiran peserta didik lewat menu absensi, memberi motivasi, menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran proses dasar pembentukan logam, cakupan materi, serta langkah pembelajaran dan teknik penilaian.

Kegiatan Inti

1.    Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk membaca dan menuliskan kembali materi yang disajikan pada Google Classroom. Mereka diberi tayangan dalam bentuk power point dan bentuk pdf modul, terkait materi proses dasar pembentukan logam melalui Google classroom.

2.    Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi beberapa hal yang belum dipahami pada materi proses dasar pembentukan logam, dengan memberikan pertanyaan berkaitan fakta sampai dengan pertanyaan yang bersifat membimbing.

3.    Peserta didik berperan aktif di Google classroom, baik bertanya ataupun menanggapi pertanyaan dari guru maupun dari peserta didik lainnya dalam forum diskusi/chat forum.

4.    Selama kegiatan berlangsung, guru melakukan penilaian sikap disiplin, teliti, aktif, jujur, dan tanggung jawab.

Kegiatan Penutup

1.     Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan materi yang sudah dibahas sebelumnya pada Google classroom.

2.     Peserta didik membuat rangkuman terkait materi pembelajaran yang sudah dilaksanakan pada buku catatan masing-masing.

3.     Guru memberikan penguatan terhadap materi yang sudah dipelajari dengan memberikan penugasan rangkuman materi yang hasilnya dikirim lewat whatsapp dan Google Classroom. Serta guru menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya diakhiri salam penutup.

 

D.     Penilaian Hasil Pembelajaran

1)      Penilaian Sikap                  : observasi selama kegiatan berlangsung

2)   Penilaian Pengetahuan      :  tes tulis (pilihan ganda atau uraian), diskusi dan tanya jawab, serta penugasan

3)      Penilaian Keterampilan      : penilaian portofolio

 

 

Mengesahkan,

Kepala SMKN ..............

 

 

 

.........................................

NIP. 

Abang, 13 Juli 2020

Guru Mapel  TDO

 

 

 

........................................

NIP.